Cara Mengajari Anak Membaca: 5 Tips Menyenangkan dan Mudah - Pelangi Entertainment
img
Cara Mengajari Anak Membaca: 5 Tips Menyenangkan dan Mudah

Cara Mengajari Anak Membaca: 5 Tips Menyenangkan dan Mudah

Cara Mengajari Anak Membaca: 5 Tips Menyenangkan dan Mudah - Dengan banyaknya informasi di luar sana, sepertinya tidak ada jawaban yang jelas tentang cara mengajari anak membaca. Sebagai orang tua yang sibuk, Anda mungkin tidak punya waktu untuk membaca semua pendapat yang saling bertentangan.

Itulah mengapa kami di sini untuk membantu! Ada beberapa elemen kunci dalam mengajarkan anak membaca, jadi kami telah mengumpulkan sembilan tips efektif untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan membaca dan kepercayaan diri anak Anda.

Kiat-kiat ini sederhana, sesuai dengan gaya hidup Anda, dan membantu membangun keterampilan membaca dasar sambil bersenang-senang!


1) Fokus Pada Bunyi Huruf Daripada Nama Huruf

Kita biasa belajar bahwa "b" adalah singkatan dari "ball". Tapi ketika Anda mengucapkan kata bola, kedengarannya berbeda dengan mengucapkan huruf B sendiri. Hal ini bisa menjadi konsep yang aneh bagi anak kecil untuk membayangkannya!

Alih-alih berfokus pada nama-nama huruf, kami sarankan untuk mengajari mereka suara yang terkait dengan setiap huruf alfabet. Sebagai contoh, Anda dapat menjelaskan bahwa B menghasilkan bunyi /b/ (diucapkan seperti bunyinya ketika Anda mengucapkan kata bola dengan keras).

Setelah mereka benar-benar memahami hubungan antara beberapa huruf dan bunyinya, anak-anak dapat mulai membunyikan kata-kata pendek. Dengan mengetahui bunyi B, T, dan A, anak dapat membunyikan bunyi bat dan tab.

Seiring dengan bertambahnya jumlah hubungan antara huruf dan bunyi, maka akan bertambah pula jumlah kata yang dapat diucapkan oleh anak Anda!

Nah, apakah ini berarti jika anak Anda sudah mulai belajar dengan mencocokkan nama-nama huruf alfabet formal dengan kata-kata, mereka tidak akan belajar mencocokkan bunyi dan huruf atau belajar membaca? Tentu saja tidak!

Kami hanya merekomendasikan proses ini sebagai metode belajar yang dapat membantu beberapa anak dengan lompatan dari bunyi huruf ke kata.


2) Mulailah Dengan Huruf Besar

Berlatih membuat huruf akan jauh lebih mudah jika huruf-huruf tersebut terlihat unik! Inilah mengapa kami mengajarkan huruf besar kepada anak-anak yang belum bersekolah formal.

Meskipun huruf kecil adalah format huruf yang paling umum (jika Anda membuka buku di halaman mana pun, sebagian besar hurufnya adalah huruf kecil), huruf besar lebih mudah dibedakan satu sama lain dan, oleh karena itu, lebih mudah untuk diidentifikasi.

Coba pikirkan -- "b" dan "d" terlihat sangat mirip! Tetapi "B" dan "D" jauh lebih mudah dibedakan. Maka, memulai dengan huruf besar akan membantu anak Anda memahami dasar-dasar identifikasi huruf dan, selanjutnya, membaca.

Untuk membantu anak Anda mempelajari huruf besar, kami menemukan bahwa melibatkan indera peraba mereka bisa sangat berguna. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli kertas bertekstur, seperti amplas, dan menggunting bentuk-bentuk huruf besar.

Mintalah anak Anda untuk meletakkan tangan mereka di belakang punggung, lalu letakkan huruf tersebut di tangan mereka. Mereka dapat menggunakan indera peraba untuk menebak huruf apa yang mereka pegang! Anda dapat memainkan permainan yang sama dengan huruf magnetik.


3) Menggabungkan Fonik

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki latar belakang fonetik yang kuat (hubungan antara bunyi dan simbol) cenderung menjadi pembaca yang lebih kuat dalam jangka panjang.

Pendekatan fonetik dalam membaca menunjukkan kepada anak cara membaca huruf demi huruf - bunyi demi bunyi - memadukan bunyi-bunyi tersebut untuk membaca kata-kata yang belum dihafalkan oleh anak (atau orang dewasa).

Setelah anak-anak mengembangkan tingkat otomatisasi, mereka dapat membunyikan kata-kata hampir secara instan dan hanya perlu menggunakan decoding dengan kata-kata yang lebih panjang. Fonik paling baik diajarkan secara eksplisit, berurutan, dan sistematis - yang merupakan metode yang digunakan HOMER.

Jika Anda mencari dukungan untuk membantu anak Anda belajar fonik, aplikasi HOMER Learn & Grow kami mungkin adalah yang Anda butuhkan! Dengan jalur membaca yang telah terbukti untuk anak Anda, HOMER membuat belajar menjadi menyenangkan!


4) Seimbangkan Fonik dan Kata-kata Penglihatan

Kata-kata penglihatan juga merupakan bagian penting dalam mengajari anak Anda membaca. Ini adalah kata-kata umum yang biasanya tidak dieja sesuai bunyinya dan tidak dapat diterjemahkan (dibunyikan).

Karena kami tidak ingin membatalkan pekerjaan yang telah dilakukan anak Anda untuk belajar fonik, maka kata-kata penglihatan harus dihafalkan. Namun, perlu diingat bahwa mempelajari kata-kata yang dapat dilihat dapat menjadi tantangan bagi banyak anak kecil.

Jadi, jika Anda ingin memberi anak Anda awal yang baik dalam perjalanan membaca mereka, yang terbaik adalah menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk mengembangkan dan memperkuat informasi dan keterampilan yang diperlukan untuk membunyikan kata-kata.


5) Banyak Bicara

Meskipun berbicara biasanya dianggap sebagai keterampilan berbicara saja, namun itu tidak benar. Anak Anda seperti spons. Mereka menyerap segala sesuatu, setiap saat, termasuk kata-kata yang Anda ucapkan (dan kata-kata yang Anda harap tidak mereka dengar)!

Sering-seringlah berbicara dengan anak Anda dan libatkan kemampuan mendengar dan bercerita mereka untuk meningkatkan kosakata mereka.

Hal ini juga dapat membantu mereka membentuk kalimat, mengenal kata-kata baru dan bagaimana penggunaannya, serta belajar bagaimana menggunakan petunjuk konteks ketika seseorang berbicara tentang sesuatu yang mungkin tidak mereka ketahui.

Semua keterampilan ini sangat membantu anak Anda dalam perjalanan membaca mereka, dan berbicara memberi Anda berdua kesempatan untuk berbagi dan menciptakan momen yang akan Anda kenang selamanya!

Follow Us

#JoyFulKidsClub by Pelangi Entertainment is a fun-filled club that turns kids playing into an adventure!.

img